Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sumatera

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sumatera

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sumatera – Pulau Sumatera sebagai salah satunya pulau paling besar di Indonesia yang terbagi dalam 10 propinsi dengan memiliki berbagai jenis kuliner dan oleh yang khas.

Pulau yang menempati rangking ke enam sebagai pulau paling besar di bumi ini tidak cuman simpan bermacam rekreasi alam yang memikat, tetapi kaya riwayat, budaya, suku dan kulineran ciri khas yang mengunggah hasrat.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sumatera

Pulau ini jadi tujuan rekreasi yang lumayan menarik dan banyak mengisap pelancong tiap tahunnya. Jika kamu merencanakan untuk liburan ke sana, janganlah lupa untuk bawa oleh-oleh ciri khas Sumatera untuk keluarga di dalam rumah atau sebagai kenangan. Apa oleh-oleh ciri khas Sumatera yang pantas kamu membeli? Berikut daftarnya.

Kopi Aceh, Aceh

Oleh-oleh ciri khas Sumatera yang pertama ialah Kopi Aceh yang dari Propinsi Aceh. Propinsi ini benar-benar sangat populer sebagai pemroduksi kopi favorit di Indonesia dan luar negeri.

Baca Juga: Pie Manis Paling Terpopuler

Bila kamu bertandang ke Pulau Sumatera persisnya ke Propinsi Aceh, kamu harus bertandang ke kota Banda Aceh di mana kamu dapat mendapati teritori Jalan Lamreung yang banyak diketemukan penjual kopi Aceh. Bermacam variasi kopi Aceh ada di sini, dimulai dari Kopi Gayo, Kopi Ulee Kareng sampai Kopi ambil ciri khas Aceh.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sumatera Bika Ambon, Sumatera Utara

Walau namanya ialah Bika Ambon, tetapi hidangan yang ini ialah salah salah satunya oleh-oleh ciri khas Sumatera yang harus dibeli. Bika Ambon ini berawal dari Propinsi Sumatera Utara, persisnya kota Medan dan jadi oleh-oleh yang sering dicari oleh pelancong.

Bika Ambon mempunyai wujud balok warna kuning yang berlubang dan memiliki serat. Kue ini terbuat dari tepung tapioca, gula, telur, air nira, dan beberapa macam rempah yang lain untuk menambah cita-rasa. Salah satunya penjual Bika Ambon yang cukup populer di kota Medan ialah Bika Ambon Zulaikha yang menyuguhkan Bika Ambon dengan bermacam opsi rasa.

Rendang Telur Kering, Sumatera Barat

Bukan rahasia kembali bila Propinsi Sumatera Barat benar-benar populer dengan olahan rendangnya. Tentu saja rendang bisa saja alternatif opsi oleh-oleh ciri khas Sumatera yang jangan kamu terlewat untuk dibeli.

Ada beberapa variasi rendang yang dapat kamu dapatkan di Sumatera Barat dan salah satunya rendang yang harus kamu membawa pulang ialah Rendang Telur Kering. Rendang telur ini dibikin dari tepung terigu, telur ayam, daun salam, serai, daun jeruk, santan dan air. Rendang ini dibumbui rempah-rempah yang membuat cita-rasanya makin spesial.

Kuliner Rendang telur kering ini populer mempunyai rasa yang gurih dan benar-benar pas untuk lauk makan bersama nasi.

Keripik Kari, Kepulauan Riau

Oleh-oleh Ciri khas Sumatera yang harus kamu membeli setelah itu Keripik Kari. Keripik ini berawal dari Propinsi Kepulauan Riau, persisnya dari Batam.

Keripik Kari ini mempunyai cita-rasa renyah yang paling spesial. Tidak itu saja, ada wewangian dan cita-rasa gonggong yang paling mengunggah hasrat. Ini karena Keripik Kari ini dibikin dari tepung terigu, daun kari konsentrat gonggong yang renyah bergizi.

Untuk kalian yang tidak begitu akrab dengan gonggong, Gonggong sebagai salah satunya makanan laut ciri khas Kepulauan Riau yang paling terkenal. Gonggong diputuskan untuk lengkapi rasa keripik ini karena rasanya yang nikmat dan wewangiannya yang paling kuat. Tidaklah aneh bila banyak pelancong yang tiba ke Batam sering bawa keripik iniuntuk oleh-oleh.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sumatera Salai Ikan Patin, Riau

Salai Ikan Patin jadi salah satunya oleh-oleh ciri khas Sumatera yang wajib buat kamu membeli saat bertandang ke sana. Salai Ikan Patin ini berawal dari Propinsi Riau, persisnya di Kota Pekanbaru.

Ikan Patin memang populer benar-benar berlimpah di Pekanbaru, tidaklah aneh bila warga di tempat memproses ikan patin ini jadi makanan yang sedap. Tidak cuman sedap, ikan patin dikenal juga mempunyai nilai nutrisi yang lumayan tinggi, karena itu tidaklah aneh bila Salai Ikan Patin ini jadi incaran pelancong saat liburan ke Riau.

Dodol Nanas, Jambi

Pulau Sumatera memang menjadi pemroduksi Nanas, karena itu tidaklah aneh bila kamu akan mendapati beberapa oleh-oleh ciri khas Sumatera yang dibuat dari Nanas. Diantaranya ialah Dodol Nanas yang dari Propinsi Jambi ini.

Dodol Nanas ini dikenali sebagai salah satunya camilan ciri khas Jambi yang daya simpannya lumayan lama. Hidangan ini mempunyai cita-rasa yang legit dan jadi salah satunya kudapan yang terbanyak dicari oleh pelancong saat bertandang ke Propinsi Jambi. Tidak cuman sedap, harga dodol nanas ini populer benar-benar dapat dijangkau, sekitar Rp 20.000 saja per kotaknya dan benar-benar gampang diketemukan di pusat oleh-olehan Jambi.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sumatera Kerajinan Kulit Lantung, Bengkulu

Oleh-oleh ciri khas Sumatera seterusnya bukan minuman atau makanan, tetapi sebuah kerajinan yang dari Propinsi Bengkulu. Kerajinan ini dibuat dari Kulit Lantung, yakni panggilan untuk kulit kayu yang tumbuh di teritori Bengkulu.

Kulit Lantung ini mempunyai struktur berserabut dan kasar di mana beberapa pengrajin umumnya masih menjaga warna aslinya. Bermacam tipe kerajinan yang dapat dibuat dari Kulit Lantung ini, seperti gantungan kunci, tas, pigura sampai miniature Bunga Rafflesia dan Kota Bengkulu. Harga yang ditawari untuk kerajinan ini juga cukup dapat dijangkau dan gampang sekali diketemukan di pusat oleh-oleh kota Bengkulu.

Pempek, Sumatera Selatan

Bila bicara masalah oleh-oleh ciri khas Sumatera, rasanya kamu jangan melewati hidangan oleh-oleh yang ini. Pempek adalah hidangan ciri khas Sumatera Selatan, persisnya kota Palembang. Tidak cuman jadi hidangan ciri khas, pempek bisa juga jadi alternatif opsi oleh-oleh untuk keluarga di dalam rumah.

Supaya tahan lama, kamu dapat beli pempek yang sudah dipeti-eskan dan salah satunya penjual pempek di kota Palembang yang cukup kerap jadi sasaran pelancong ialah Pempek Candy. Bila kamu tidak sempat pernah untuk menelusurinya di pusat perkotaan, kamu juga dapat membeli di Pempek Candy yang berada di Lapangan terbang.

Krupuk Belitong, Bangka Belitung

Oleh-oleh ciri khas Sumatera berikut berawal dari Negeri Laskar Pelangi, yakni Bangka Belitung. Krupuk Belitong ini seakan jadi oleh-oleh yang wajib dibeli saat kau liburan ke sana.

Cemilan krupuk ini dibikin dari bermacam olahan seafood, dimulai dari ikan, cumi, udang sampai kepiting. Kamu juga dapat pilih tipe krupuk Belitong ini sesuai hasrat dan macam yang kamu senang. Krupuk ini rasanya begitu nikmat, renyah dan crispy, tentu saja benar-benar pas jadi rekan untuk santai di dalam rumah.

Kain Tapis, Lampung

Oleh-oleh ciri khas Sumatera yang paling akhir ialah Kain Tapis. Kain Tapis ini berawal dari Propinsi Lampung dan jadi oleh-oleh harus saat bertandang ke sana.

Kain Tapis ini sebagai kain tenun yang mempunyai warna yang dikuasai oleh emas dan perak dengan pola flora dan fauna. Tidak itu saja, kamu juga dapat mendapati pola lain seperti pola rumah tangga pada kain tapis cucuk andak.

Dahulunya kain ini cuman dipakai oleh keluarga bangsawan yang tinggal di Lampung. Umumnya, kain ini dipakai saat upcara pemberian gelar tradisi, penyambutan tamu penting, acara pernikahan sampai upacara tradisi mengusung saudara. Tetapi saat ini, kain ini bisa dipakai oleh semua kelompok.